Troubleshooting Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor

Download Luar Kampus App Launcher V.1.0 untuk Android.

DMCA.com Protection Status
Belajar Otomotif Luar Kampus. Pada posting kali ini kita mencoba untuk mempelajari cara-cara Toubleshooting Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor. Masalah-masalah yang sering terjadi pada Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor, diantaranya yaitu: Mesin berputar tetapi tidak mau hidup, Susah dihidupkan atau mogok setelah distarter, Putaran stasioner tidak rata, Pengapian tidak teratur saat akselerasi, Terjadi ledakan-ledakan pada karburator, Tenaga kurang dan bahan bakar boros, Campuran bahan bakar terlalu miskin, Campuran bahan bakar terlalu kaya.

Untuk lebih detail mengenai troubleshooting Toubleshooting Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor, silahkan pelajari materi berikut:

1. Mesin berputar tetapi tidak mau hidup
- Bensin di dalam tangki habis
- Saringan bahan bakar tarsumbat
- Bensin tidak mengalir ke karburator
- Mesin kebanjiran bensin
- Tidak ada percikan bunga api pada busi
  (gangguan pada sistem pengapian)
- Saringan udara tersumbat
- Ada kebocoran pada saluran udara masuk
- Cara kerja cuk tidak banar
- Cara kerja gas tangan tidak benar

2. Susah dihidupkan atau mogok setelah distarter
- Cara kerja cuk tidak banar
- Gangguan pada sistem pengapian
- Karburator tidak berfungsi sebagaimana mestinya
- Bansin kotor
- Kebocoran pada saluran udara masuk
- Putaran stasioner tidak tepat
- Penyatalan sekrup udara tidak tepat

3. Putaran stasioner tidak rata
- Gangguan pada sistem pengapian
- Putaran stasioner tidak tepat
- Karburator tidak bsrfungsi sabagaimana mestinya
- Bensin kotor
- Penystelan sekrup udara tidak tepat

4. Pengapian tidak teratur saat akselerasi
- Gangguan pada sistem pengapian

5. Terjadi ledakan-ledakan pada karburator
- Gangguan pada sistem pengapian
- Karburator tidak berfungsi sebagaimana mestinya

6. Tenaga kurang dan bahan bakar boros
- Sistam bahan bakar tersumbat
- Gangguan pada sistem pangapian

7. Campuran bahan bakar terlalu miskin
- Spuyer-spuyer karburator kotor atau tersumbat
- Katup pelampung tidak bakerja dangan balk
- Tinggi pelampung terlalu rendah
- Lubang pernapasan tutup tangki bahan bakar tersumbat
- Saringan bahan bakar tersumbat
- Saluran bahan bakar terhambat
- Kebocoran saluran udara masuk
- Saluran ventilasi udara tersumbat
- Letak klip jarum skep tidak tepat

8. Campuran bahan bakar terialu kaya
- Spuyer-spuyer karburator tersumbat
- Katup pelampung rusak
- Pelampung terlalu tinggi
- Cuk tertutup tems
- Saringan udara kotor
- Letak klip jarum tidak tepat


Terus berkarya dan semoga bermanfaat...
Source: Buku Pedoman Reparasi PT. Astra Honda Motor

Teknik Otomotif, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Sepeda Motor
Page Luar Kampus di Facebook: Belajar Otomotif Luar Kampus.

Silahkan baca juga :



Apabila ada link yang error, tolong di informasikan bersama dengan komentar anda. Terimakasih...

0 comments :

Post a Comment