Troubleshooting Roda/Suspensi Belakang Sepeda Motor

Download Luar Kampus App Launcher V.1.0 untuk Android.

DMCA.com Protection Status
Belajar Otomotif Luar Kampus. Pada posting kali ini kita mencoba untuk mempelajari cara-cara Troubleshooting Roda/Suspensi Belakang Sepeda Motor. Masalah-masalah yang umumnya sering terjadi pada Roda/Suspensi Belakang Sepeda Motor, diantaranya yaitu:
1. Roda belakang bergoyang
2. Suspensi terasa lunak
3. Suspensi terasa keras
4. Kemudi menarik ke satu sisi atau tidak bisa lurus
5. Daya pengereman lemah


Untuk lebih detail mengenai Troubleshooting Roda/Suspensi Belakang Sepeda Motor, silahkan pelajari materi berikut:
1. Roda belakang bergoyang
- Pelek bengkok
- Bantalan roda belakang aus
- Jari-jari kendor atau tidak lurus
- Ban dalam keadaan tidak baik
- Mur poros tidak dikencangkan dengan baik
- Bos engsel lengan ayun dalam keadaan tidak baik
- Rangka atau lengan ayun bengkok

2. Suspensi terasa lunak
- Pegas peredam kejut lemah
- Kebocoran oli dari peredam kejut
- Tekanan udara ban terlalu rendah

3. Suspensi terasa keras
- Batang peredam kejut bengkok
- Bos engsel lengan ayun rusak
- Engsel lengan ayun bengkok
- Tekanan udara ban terlalu tinggi

4. Kemudi menarik ke satu sisi atau tidak bisa lurus
- Poros belakang bengkok
- Penyetelan poros atau rantai roda tidak sama kedua sisi

5. Daya pengereman lemah
- Penyetelan rem tidak tepat
- Kanva-kanvas rem aus
- Kanvas-kanvas rem terkontaminasi
- Bubungan rem aus
- Tromol rem aus
- Lengan rem tidak terpasang dengan benar
- Sepatu rem aus pada bidang kontak dengan bubungan


Terus berkarya dan semoga bermanfaat...
Source: Buku Pedoman Reparasi PT. Astra Honda Motor
Teknik Otomotif, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Sepeda Motor
Page Luar Kampus di Facebook: Belajar Otomotif Luar Kampus.

Silahkan baca juga :



Apabila ada link yang error, tolong di informasikan bersama dengan komentar anda. Terimakasih...

0 comments :

Post a Comment