Belajar Otomotif Luar Kampus. Pada posting kali ini kita mencoba untuk mempelajari cara-cara Troubleshooting Roda/Suspensi Belakang Sepeda Motor. Masalah-masalah yang umumnya sering terjadi pada Roda/Suspensi Belakang Sepeda Motor, diantaranya yaitu:
1. Roda belakang bergoyang2. Suspensi terasa lunak
3. Suspensi terasa keras
4. Kemudi menarik ke satu sisi atau tidak bisa lurus
5. Daya pengereman lemah
Untuk lebih detail mengenai Troubleshooting Roda/Suspensi Belakang Sepeda Motor, silahkan pelajari materi berikut:
1. Roda belakang bergoyang- Pelek bengkok
- Bantalan roda belakang aus
- Jari-jari kendor atau tidak lurus
- Ban dalam keadaan tidak baik
- Mur poros tidak dikencangkan dengan baik
- Bos engsel lengan ayun dalam keadaan tidak baik
- Rangka atau lengan ayun bengkok
2. Suspensi terasa lunak
- Pegas peredam kejut lemah
- Kebocoran oli dari peredam kejut
- Tekanan udara ban terlalu rendah
3. Suspensi terasa keras
- Batang peredam kejut bengkok
- Bos engsel lengan ayun rusak
- Engsel lengan ayun bengkok
- Tekanan udara ban terlalu tinggi
4. Kemudi menarik ke satu sisi atau tidak bisa lurus
- Poros belakang bengkok
- Penyetelan poros atau rantai roda tidak sama kedua sisi
5. Daya pengereman lemah
- Penyetelan rem tidak tepat
- Kanva-kanvas rem aus
- Kanvas-kanvas rem terkontaminasi
- Bubungan rem aus
- Tromol rem aus
- Lengan rem tidak terpasang dengan benar
- Sepatu rem aus pada bidang kontak dengan bubungan
Terus berkarya dan semoga bermanfaat...
Source: Buku Pedoman Reparasi PT. Astra Honda Motor
Teknik Otomotif, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Sepeda Motor
Page Luar Kampus di Facebook: Belajar Otomotif Luar Kampus.
0 comments :
Post a Comment