MGMPK Teknik Otomotif Provinsi Jawa Barat

Download Luar Kampus App Launcher V.1.0 untuk Android.

DMCA.com Protection Status

     Belajar Otomotif Luar Kampus. Setiap Mata pelajaran yang ada di sekolah, baik pelajaran Adaptif, Normatif, Produktif pada masing-masing kabupaten atau kota mempunyai suatu wadah/forum yang disebut Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). MGMP memiliki beberapa fungsi, diantaranya yaitu fungsi informasi, fungsi silaturahim, fungsi produksi dan fungsi pengembangan profesi. Sehingga kompetensi profesional guru bisa lebih ditingkatkan.
     Khususnya untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), MGMP lebih dikenal dengan istilah Musyawarah Guru Mata Pelajaran Kejuruan (MGMPK). Salah satunya yaitu MGMPK Teknik Otomotif Provinsi Jawa Barat, forum/wadah kegiatan profesional guru mata pelajaran kejuruan SMK pada Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa, Program Studi Keahlian Teknik Otomotif yang berada di wilayah propinsi Jawa barat yang bekerja dengan prinsip "dari-oleh dan untuk Guru"



MGMPK Teknik Otomotif Provinsi Jawa Barat merupakan organisasi profesi guru Sekolah Menengah Kejuruan non struktural yang dibentuk oleh guru dan untuk guru yang dinaungi dan dibina oleh institusi vertikal dan horisontal serta keanggotaannya secara otomatis meliputi guru-guru mata pelajaran kejuruan (Dasar/Kompetensi Kejuruan) di SMK/MAK Negeri maupun Swasta, baik yang berstatus PNS maupun non PNS/honorarium

Tujuan dibentuknya MGMPK Teknik Otomotif Provinsi Jawa Barat, yaitu:
  1. Meningkatkan kompetensi melalui In House Training (IHT), Lembaga Diklat, Kerjasama dengan Industri dan kegiatan mandiri.
  2. Mendiskusikan permasalahan yang dihadapi guru kejuruan dalam melaksanakan tugas sehari–hari dan menemukan pemecahannya sesuai karakteristik substansi mata pelajaran kejuruan/ bidang keahlian, guru, kondisi sekolah, dan institusi pasangan.
  3. Memberi kesempatan kepada guru kejuruan untuk berbagi informasi dan pengalaman dalam rangka penerapan KTSP, perkembangan iptek, dan kebijakan pendidikan.
  4. Memberi kesempatan kepada guru untuk menuangkan ide–idenya melalui program dan kegiatan MGMP Kejuruan.
  5. Membangun kerja sama dengan semua pihak untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK/MAK yg memiliki kompetensi profesional.

Dalam rangka mencapai tujuan yang telah disebutkan diatas, MGMPK Teknik Otomotif Provinsi Jawa Barat membuat beberapa program kerja. Diantaranya yaitu:
  1. Peningkatan penguasaan kompetensi Guru kejuruan (melalui: IHT, Workshop, Kerja sama dgn DU/DI)
  2. Peningkatan pemahaman Kurikulum dan perangkatnya (melalui: workshop KTSP, IHT, dll)
  3. Peningkatan kualitas pembelajaran (melaui: IHT atau workshop pembuatan bahan ajar, media, alat peraga/praktikum dll)
  4. Peningkatan kemampuan evaluasi dan penilaian hasil belajar (melaui: Diklat assessment, pengadaan dan pembuatan Bank Soal /manual dan melalui software Pembelajaran, pembahasan soal-soal Ujian Nasional Kejuruan)
  5. Kegiatan lain-lain terkait pendidikan kejuruan. penulisan karya ilmiah, PTK dll- kunjungan Industri- kunjungan/silaturahmi ke sekolah anggota MGMPK Teknik Otomotif Provinsi Jawa Barat
  6. Menjalin koordinasi MGMPK di tingkat Kota/Kabupaten serta Mendorong terbentuknya MGMPK untuk tingkat Kota/ Kabupaten
Kalau anda tertarik untuk bergabung dengan MGMPK Teknik Otomotif Provinsi Jawa Barat, silahkan kunjungi Group MGMPK Teknik Otomotif Provinsi Jawa Barat di Facebook melalui link ini: MGMPK Teknik Otomotif Provinsi Jawa Barat

Terus berkarya dan semoga bermanfaat...

Teknik Mekanik Otomotif, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Sepeda Motor
Page Luar Kampus di Facebook: Belajar Otomotif Luar Kampus.

Silahkan baca juga :



Apabila ada link yang error, tolong di informasikan bersama dengan komentar anda. Terimakasih...

0 comments :

Post a Comment