Belajar Otomotif Luar Kampus. Pada posting kali ini kita mencoba untuk mempelajari cara-cara Troubleshooting Roda Depan/Rem/Suspensi/Kemudi Sepeda Motor. Masalah-masalah yang umumnya sering terjadi pada Roda Depan/Rem/Suspensi/Kemudi, diantaranya yaitu:
1. Kemudi terasa berat2. Kemudi menarik ke satu arah atau tidak lurus
3. Roda depan bergoyang
4. Roda tidak berputar dengan lancar
5. Suspensi terasa lembek
6. Suspensi terasa keras
7. Rem tidak bekerja dengan baik
8. Rem tidak berfungsi dengan baik
Untuk lebih detail mengenai Troubleshooting Roda Depan/Rem/Suspensi/Kemudi Sepeda Motor, silahkan pelajari materi berikut:
1. Kemudi terasa berat- Mur bantala kemudi terlalu kencang
- Bantalan kepala kemudi rusak atau tidak berfungsi
- Tekanan udara ban tidak cukup
2. Kemudi menarik ke satu arah atau tidak lurus
- Garpu bengkok
- Poros bengkok
- Roda tidak terpasang dengan baik
- Bantalan kepala kemudi tidak berfungsi
- Rangka bengkok
- Bantalan roda aus
- Komponen engsel lengan ayun aus
3. Roda depan bergoyang
- Pelek bengkok
- Bantalan roda depan aus
- Ban tidak berfungsi
- Poros depan tidak dikencangkan dengan baik
4. Roda tidak berputar dengan lancar
- Bantalan roda tidak berfungsi
- Poros depan bengkok
- Rem menyeret
5. Suspensi terasa lembek
- Minyak garpu tidak cukup
- Pegas garpu lemah
- Tekanan udara ban terlalu lemah
6. Suspensi terasa keras
- Viskositas minyak tidak benar
- Tabung garpu bengkok
7. Rem tidak bekerja dengan baik
- Kanvas-kanvas rem terkontaminasi
- Minyak garpu tidak cukup
- Pengencang suspensi longgar
8. Rem tidak berfungsi dengan baik
- Penyetelan rem tidak tepat
- Kanvas-kanvas rem aus
- Kanvas-kanvas rem terkontaminasi
- Bubungan rem aus
- Tromol rem aus
- Lengan rem tidak terpasang dengan benar
- Sepatu rem aus pada permukaan kontak bubungan
Terus berkarya dan semoga bermanfaat...
Source: Buku Pedoman Reparasi PT. Astra Honda Motor
Teknik Otomotif, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Sepeda Motor
Page Luar Kampus di Facebook: Belajar Otomotif Luar Kampus.
0 comments :
Post a Comment