Mengasah Pertumbuhan Otak Bayi Part 2

Download Luar Kampus App Launcher V.1.0 untuk Android.

DMCA.com Protection Status
Luar Kampus, seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam memperhatikan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan bayi bukan hanya memperhatikan kebutuhan perkembangan fisik bayi. Makanan bayi, susu bayi dan baju bayi serta kebutuhan lain yang menunjang kebutuhan fisik memang penting untuk kita perhatikan. Tetapi kita juga harus mempersiapkan kebutuhan untuk menunjang pertumbuhan otak bayi.

Sebelum melangkah lebih jauh, perhatikan kembali pola tidur bayi seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Karena bagaimanapun juga kualitas pola tidur bayi akan sangat berpengaruh dalam proses untuk mengasah pertumbuhan otak bayi.

Sebagai langkah sederhana, berikanlah stimulasi atau rangsangan berupa suara atau rabaan setiap kali kita berinteraksi dengan bayi. Ada banyak kesempatan yang bisa kita manfaatkan, seperti pada saat memandikan, mengganti popok, menyusui, memberi makan, bermain dan lain-lain. Semua stimulasi akan sangat efektif jika diberikan pada saat bayi dalam kondisi aman, nyaman dan penuh kasih sayang serta dilakukan berulang-ulang.

Semua apa yang bayi dengar, lihat dan rasakan akan cepat terekam dalam otak bayi. Jadi kita juga mesti berhati-hati dalam berinteaksi dengan bayi, jangan sampai hal-hal yang jelek juga terekam dalam memori bayi. Tunjukan sebanyak mungkin hal positif yang bisa kita lakukan untuk menambah koleksi pengalaman baru bagi bayi. Sehingga bayi mencoba dan melakukan semua itu sendiri.

Gerakan-gerakan sederhana juga bisa kita ajarkan untuk mengasah pertumbuhan otak bayi, seperti menggenggam, menunjuk, menggerakan anggota tubuh baik secara langsung, melalui nyanyian atau melalui permainan. Lakukan semua itu sesering mungkin sehingga bayi terangsang untuk mencoba dan melakukannya sendiri.

Setelah semua gerakan sederhana sudah bisa dilakukan sendiri oleh bayi, menjelang usia 2 tahun berikan rangsangan kepada bayi untuk melapalkan huruf dan berbicara. Ajarkan nama kegiatan yang sehari-hari dia lakukan, nama-nama benda, nama-nama orang terdekat.

Carilah permainan yang bisa merangsang bayi untuk mencoba dan membiasakan diri menggerakan anggota badan serta melafalkan hurup demi hurup.  Semua hal yang baru akan menjadi pengalaman menarik bagi bayi. Jangan berusaha untuk menakut-nakuti bayi sehingga bayi merasa tidak nyaman, sampaikan secara secara perlahan.

Terus berkarya dan semoga bermanfaat...

Silahkan baca juga :



Apabila ada link yang error, tolong di informasikan bersama dengan komentar anda. Terimakasih...

0 comments :

Post a Comment