Mengasah Pertumbuhan Otak Bayi Part 1

Download Luar Kampus App Launcher V.1.0 untuk Android.

DMCA.com Protection Status
Luar Kampus, perhatikan kedua pertanyaan berikut:
1. Apa yang kita perhatikan ketika sang buah hati mulai tumbuh berkembang?
2. Apa yang kita perbuat untuk mengasah pertumbuhan otak bayi?
Dari kedua pertanyaan diatas, pertanyaan nomor 1 akan lebih mudah dijawab dibandingkan dengan pertanyaan nomor 2. Kenapa hal tersebut bisa disimpulkan seperti itu, mari temukan jawabannya pada artikel ini.

Hal yang sering kita perhatikan ketika buah hati mulai tumbuh, biasanya kita lebih memikirkan susu bayi, makanan bayi dan baju bayi serta hal lain yang menunjang kebutuhan fisik bayi. Jarang sekali kita memikirkan apa yang dibutuhkan untuk mengasah perkembangan otak bayi.

Bermain dan belajar, merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengasah pertumbuhan otak bayi. Ada banyak permainan yang bisa kita ajarkan ke buah hati kita. Selain itu juga kita harus memperhatikan pola tidur bayi, pola tidur yang berkualitas juga akan mempengaruhi pertumbuhan otak bayi. Bahkan ada yang mengatakan bahwa pertumbuhan otak bayi akan lebih berkembang ketika bayi sedang tertidur.

Kebutuhan tidur bayi akan sangat berpengaruh pada pola bayi bermain dan belajar, ketika kurang tidur maka ujung-ujungnya bayi akan rewel. Terus apa yang kita perlukan sebagai patokan bahwa kebutuhan tidur bayi tercukupi? Berikut daftar kebutuhan bayi berdasarkan usia bayi:
a. Usia 0-3  bulan : 16-20 jam
b. Usia 3-12 bulan : 14-15 jam
c. Usia 1-3  tahun : 12-14 jam

Dengan tercukupinya kebutuhan tidur bayi, pertumbuhan otak bayi akan lebih pesat. Karena suasana bermain dan belajar bayi akan lebih kondusif. Kita juga akan lebih senang ketika buah hati kita bermain dan belajar dengan riang. Selanjutnya kita tinggal memilah-milah permainan apa yang cocok dan apa yang pantas kita ajarkan sesuai dengan usia buah hati kita.

Hal yang sederhana bisa kita lakukan yakni memanggil namanya, mengenalkan nama-nama orang terdekat, bermain "ciluk ba",  menyanyi sambil mempraktekan, mengajaknya jalan serta melatih ekspresi muka bayi seperti "lidahnya mana", "manyunnya mana", "ganteng/cantiknya mana", "kiss by", "tangan bagusnya mana" dan lain-lain.

Terus berkarya dan semoga bermanfaat...

Silahkan baca juga :



Apabila ada link yang error, tolong di informasikan bersama dengan komentar anda. Terimakasih...

0 comments :

Post a Comment