SKKD SMK Teknik Otomotif

Download Luar Kampus App Launcher V.1.0 untuk Android.

DMCA.com Protection Status
Belajar Otomotif Luar Kampus. Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Khususnya SMK Teknik Otomotif. Tidak semua ilmu tentang otomotif dipelajari, karena semua itu tergantung dari Kompetensi Keahlian yang di tempuh oleh Siswa. SMK di Indonesia, di kelompokkan berdasarkan Bidang Studi Keahlian, Program Studi Keahlian dan Kompetensi Keahlian. Sebagai contoh, SMK dengan Program Studi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif di dalamnya terdapat 5 Kompetensi Keahlian.

Bidang Studi Keahlian     : Teknologi dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   : Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian      :
1. Teknik Kendaraan Ringan (020)
2. Teknik Sepeda Motor (021)
3. Teknik Perbaikan Bodi Otomotif (022)
4. Teknik Alat Berat (023)
5. Teknik Ototronik (024)


Kompetensi Keahlian SMK Teknik Otomotif yang sekarang lebih berkembang, yaitu Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan Kompetensi Teknik Sepeda Motor. Teknik  Kendaraan Ringan lebih mengacu kepada perbaikan dan pemeliharaan Kendaraan Roda Empat (Mobil), sehingga setelah lulus siswa diharapkan bisa melakukan perbaikan dan pemeliharaan Mobil. Sedangkan Teknik Sepeda Motor lebih mengacu kepada perbaikan dan pemeliharaan Kendaraan Roda Dua (Sepeda Motor), sehingga setelah lulus siswa diharapkan bisa melakukan perbaikan dan pemeliharaan Sepeda Motor.

Setiap Kompetensi Keahlian pada Program Studi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif mempelajari Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) yang sama, tetapi untuk spesialisasi siswa juga akan mempelajari Kompetensi Kejuruan (KK) sesuai dengan Kompetensi Keahlian yang mereka tempuh. Pada Kurikulum Spektrum, DKK yang dipelajari terdapat 9 Standar Kompetensi. Sedangkan jumlah Standar Kompetensi pada KK jumlahnya berbeda untuk masing-masih Kompetensi Keahlian.

Pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan ada 19 Standar Kompetensi, Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor ada 17 Standar Kompetensi, Kompetensi Keahlian Teknik Perbaikan Bodi Otomotif ada 15 Standar Kompetensi, Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat ada 17 Standar Kompetensi dan Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor ada 17 Standar Kompetensi.

Untuk lebih jelasnya, silahkan download file Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMK Teknik Otomotif pada link berikut:

Download SKKD SMK Teknik Otomotif (Word, 0,2 MB) (Update 5 Mei 2013)



Terus berkarya dan semoga bermanfaat...
Page Luar Kampus di Facebook: Belajar Otomotif Luar Kampus

Silahkan baca juga :



Apabila ada link yang error, tolong di informasikan bersama dengan komentar anda. Terimakasih...