Alat Kerja

Download Luar Kampus App Launcher V.1.0 untuk Android.

DMCA.com Protection Status
Belajar Otomotif Luar Kampus. Hal dasar lain yang harus di kuasai selain Komponen, Fungsi, Cara Kerja, Prosedur Pemeriksaan dan Spesifikasi adalah penggunaan alat, baik Alat Tangan maupun Alat Ukur. Bahkan pada dunia otomotif, kita juga harus mempelajari alat-alat khusus (Special Service Tools). Apa saja yang harus kita pelajari? Fungsi, Cara Mengkalibrasi (alat ukur), Cara Penggunaan, Cara Membaca (alat ukur). Itulah yang harus kita pelajari pada saat kita belajar penggunaan alat.

1. Fungsi
    Hal pertama yang harus kita pelajari, karena mau tidak mau ketika membuka baut/mur berarti kita harus bisa memutuskan alat apa yang seharusnya dipakai. Ketika kita mengukur diameter piston, kita harus bisa memutuskan alat ukur apa yang seharusnya kita pakai. Untuk bisa itu semua, kita harus mengetahui nama alat dan fungsinya untuk apa.

2. Cara mengkalibrasi.
    Ada sebagian alat ukur memerlukan pengkalibrasian supaya hasil pengukurannya akurat. Ketika kita mengukur hambatan (ohm), kita harus sudah bisa menebak bahwa alat yang digunakan yaitu AVO Meter. Sebelum digunakan pada pengukuran ohm menggunakan AVO Meter adalah proses kalibrasi. Alat ukur lain yang perlu dikalibrasi contohnya mikrometer, dial test indicator, cylinder gauge dan lain-lain.

3. Cara penggunaan.
    Setelah kita mengetahui alat apa yang akan dipakai kemudian perlu kalibrasi atau tidak. Selanjutnya kita juga harus mempelajari cara penggunaan alat. Alat yang digunakan dengan tepat, akan menghasilkan pekerjaan yang lebih baik dan waktu pengerjaannya juga relatif lebih singkat. Selain itu juga, alat juga akan lebih awet ketika digunakan sesuai dengan fungsi dan cara penggunaannya.

4. Cara membaca.
    Hal terakhir yang harus kita kuasai adalah cara pembacaan alat, khususnya untuk alat ukur. Suatu hal yang percuma ketika kita hanya bisa mengetahui fungsi, cara mengkalibrasi dan cara menggunakan alat ukur kalau kita tidak bisa membaca hasil penggukuran yang telah kita lakukan. Alat ukur yang sering digunakan pada saat pemeriksaan komponen otomotif yaitu Jangka Sorong dan AVO Meter.

Selain harus menguasai Fungsi, Cara Mengkalibrasi (alat ukur), Cara Penggunaan, Cara Membaca (alat ukur). Kita juga harus bisa menebak dan membiasakan diri untuk menentukan kunci pas/ring/sok nomor berapa yang harus kita gunakan untuk membuka mur/baut yang akan kita buka/pasang.
Terus berkarya dan semoga bermanfaat...

Teknik Mekanik Otomotif, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Sepeda Motor
Page Luar Kampus di Facebook: Belajar Otomotif Luar Kampus.

Silahkan baca juga :



Apabila ada link yang error, tolong di informasikan bersama dengan komentar anda. Terimakasih...

0 comments :

Post a Comment