Antara Teknologi Konvensional, Tenaga Listrik dan Hybrid

Download Luar Kampus App Launcher V.1.0 untuk Android.

DMCA.com Protection Status
Belajar Otomotif Luar Kampus, perkembangan teknologi dunia otomotif di bidang pengembangan engine semakin bertambah pesat. Seiring dengan adanya isu pemanasan global (Global Warming), banyak produsen mobil berlomba untuk mengembangkan teknologi otomotif yang ramah lingkungan, menciptakan kendaraan yang bisa menggunakan beberapa energi alternatif. Perkembangan teknologi tersebut bisa dikelompokan kedalam 3 kelompok, yaitu: Teknologi Konvensional, Teknologi Tenaga listrik dan Teknologi Hybrid.

1. Teknologi Konvensional:
Pada era ini, sumber tenaga kendaraan lebih mengandalkan pembakaran dalam (internal combustion) yang menggunakan bahan bakar bensin, solar dan gas. Merubah energi kimia menjadi energi gerak/mekanik melalui proses pembakaran, dimana hanya 25% panas hasil pembakaran yang digunakan sebagai tenaga penggerak, sisanya 45% hilang terbuang melalui knalpot dan gesekan serta 30% diserap oleh komponen engine.
Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan betapa banyaknya emisi gas buang dan polusi yang dihasilkan oleh kendaraan yang berteknologi konvensional.

2. Teknologi Tenaga Listrik:
Kendaraan dengan teknologi ini, tidak perlu proses pembakaran bahan bakar untuk menghasilkan tenaga gerak. Energi listrik di ubah menjadi energi gerak melalui lotor listrik, sehingga kendaraan yang terbenaga listrik bisa dibilang sebagai kendaraan yang ramah lingkungan, tidak bising. Kekurangan dari teknologi ini yaitu masalah infrastruktur pengisian energi listrik, sehingga sampai sekarang masih tidak berkembang dengan pesat karena membutuhkan biaya operasional yang besar.

3. Teknologi Hybrid:
Teknologi hybrid merupakan gabungan dari teknolodi kendaraan konvensional dengan kendaraan yang bertenaga listrik. Dengan teknologi hybrid, diharapkan kekurangan dan kelebihan dari teknologi sebelumnya bisa teratasi. Kelebihan lain dari teknologi hybrid, yaitu: efisiensi bahan bakar, emisi gas buang rendah dan pengurangan energi yg terbuang percuma melalui regenerasi energi...Terus berkarya dan semoga bermanfaat... Page Luar Kampus di Facebook: Belajar Otomotif Luar Kampus

Silahkan baca juga :



Apabila ada link yang error, tolong di informasikan bersama dengan komentar anda. Terimakasih...