Tutorial Cara Menganalisa Penyebab Karburator Banjir Plus Solusinya

Download Luar Kampus App Launcher V.1.0 untuk Android.

DMCA.com Protection Status

Tutorial Cara Menganalisa Penyebab Karburator Bocor/Banjir Plus Solusinya

Belajar Otomotif Luar Kampus, tutorial sebelumnya kita membahas tentang cara menghitung kapasitas engine (cc) sepeda motor dan mobil. Untuk tutorial kali ini kita akan membahas cara menganalisa penyebab pelampung bocor/banjir. Mudah-mudahan bisa membantu sobat luarkampus yang pernah mengalami kejadian ini.Karburator merupakan komponen utama dari sistem bahan bakar yang berfungsi untuk: mengabutkan campuran bahan bakar dan udara, mengatur perbandingan campuran bahan bakar dan udara serta mengatur jumlah pemasukan bahan bakar dan udara ke ruang bakar. Untuk menunjang fungsinya tersebut, karburator terbagi lagi ke dalam beberapa sistem, yang salah satunya yaitu sistem pelampung.
Sistem pelampung atau float chamber system berfungsi sebagai penampung sementara bahan bakar yang akan dikabutkan dan menjaga supaya volume bahan bakar yang berada pada ruang pelampung tetap stabil.

Gambar di atas merupakan gambar cara kerja sistem pelampung. Ketika ruang pelampung penuh maka jarum pelampung/needle valve akan menutup saluran dari tangki bahan bakar ke ruang pelampung, sehingga bahan bakar tidak lagi mengalir ke ruang pelampung. Ketika ruang pelampung mulai kosong maka jarum pelampung akan turun lagi ke bawah sehingga bahan bakar bisa mengalir lagi ke ruang pelampung.
Sekarang sudah jelas, sistem yang mengatur masuknya bahan bakar dari tangki ke karburator yaitu sistem pelampung. Jadi, ketika karburator bocor atau banjir berarti yang bermasalah adalah sistem pelampungnya.
Ada dua kemungkinan penyebab karburator bocor/banjir, yaitu:
1.    Pelampungnya yang rusak.
2.    Jarum pelampung/needle valvenya yang rusak.
Berarti kedua komponen tersebut yang harus diganti.
Bagaimana sobat kampus, sudah cukup mengerti?
Jangan puas dulu, masih ada materi selanjutnya...
Kalau dua-duanya diganti, berarti kocek yang kita keluarkan juga lebih banyak (±35.000). Untuk anak kosan seperti saya uang segitu begitu berharga. Jadi solusinya kita analisa lagi supaya komponen yang diganti cuma satu atau bahkan tidak ada komponen yang perlu diganti.
Penasaran caranya bagaimana???
Analisa pertama:
Lihat lagi gambarnya! Jarum pelampung/needle akan menutup rapat ketika tidak ada penghalang. Sekarang sobat luarkampus bayangkan apa yang terjadi ketika ada debu atau partikel kecil yang menghalangi jarum pelampung/needle valve?
Brilian,, bensin akan tetap mengalir ke ruang pelampung, dan akibatnya pelampung bocor/banjir. Solusinya, bongkar dan bersihkan karburator terutama bagian pelampungnya.
Ingat!!! Membersihkan jarum pelampung jangan terlalu keras!
Kalau sudah, pasang kembali dan lihat hasilnya. Mudah-mudahan karburator tidak bocor/banjir lagi. Amin...
Analisa kedua:
Pada saat kendaraan diam keadaan karburator normal atau tidak bocor/banjir, tetapi ketika kendaraan sudah dipakai bepergian terus karburator bocor/banjir berarti kemungkinan besar yang bermasalah adalah jarum pelampungnya. Lakukan solusi untuk analisa pertama.
Kalau masih bermasalah, komponen yang perlu diganti hanya jarum pelampunya saja. Lumayan masih ada sisa uang...
Analisa ketiga
Ketika pada saat kendaraan diam tiba-tiba karburator bocor/banjir, kemungkinan besar yang rusak adalah pelampungnya. Lakukan solusi untuk analisa pertama. Kalau masih bermasalah, silahkan ganti pelampungya saja.
Selamat mempraktekkan!

Silahkan baca juga :



Apabila ada link yang error, tolong di informasikan bersama dengan komentar anda. Terimakasih...

0 comments :

Post a Comment